Home » Uncategorized » Alat laminar Air Flow Berkualitas Dan Bergaransi

Alat laminar Air Flow Berkualitas Dan Bergaransi

Alat laminar Air Flow Berkualitas Dan Bergaransi

Alat laminar Air Flow Berkualitas – Laboratorium merupakan suatu tempat yang dirancang khusus untuk melakukan penelitian. Penelitian-penelitian penting yang dilakukan di laboratorium membutuhkan banyak alat-alat. Alat ini pun tergantung jenis laboratoriumnya. Sebagai contoh alat laboratorium pertanian berbeda dengan laboratorium perikanan. Alat laboratorium perikanan berbeda denganlaboratorium peternakan. namun berbeda dengan alat laminar air flow. Alat ini wajib ada dan hampir semua laboratorium menggunakan alat ini, guna menunjang keberhasilan suatu penelitian. Setiap alat tentu memiliki fungsinya tersendiri. Ada banyak sekali alat yang bisa kita temukan di laboratorium. Salah satu alat laboratorium yang sering digunakan adalah Laminar Air flow. Alat yang satu ini biasa dikenal dengan sebutan Biological Safety Cabinet (BSC). Terdapat dua jenis BSC, jenis yang pertama yaitu BSC-I dan jenis yang kedua disebut BSC-II. BSC sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi sebuah penelitian. Bahkan keberhasilan suatu penelitian sangat bergantung pada penggunaan BSC yang baik dan benar. Seorang peneliti yang baik harus paham benar apa saja fungsi yang ditawarkan alat ini.

alat laminar air flow

Fungsi Alat Laminar Airf low

Baca juga Fungsi Fume Hood Di Laboratorium

Sebelum masuk ke sebuah laboratorium dan melakukan beberapa kegiatan penelitian. Sebaiknya anda memastikan apakah anda paham benar tentang fungsi alat yang ada di sana. Jangan sampai penelitian anda gagal hanya karena anda tidak paham. Dampak yang lebih buruk lagi, anda bisa mengalami kecelakaan saat berada di laboratorium. Berikut ini akan dijelaskan fungsi dari Alat Laminar Air flow :

  1. Mengontrol Ukuran Tekanan Udara

Air flow artinya adalah tekanan udara. Oleh sebab itu, sesuai namanya alat yang satu ini memang memiliki fungsi untuk mengatur ukuran tekanan udara. BSC membuat aliran udara yang ada di ruang kerja menjadi seimbang. Seluruh ruang kerja akan memiliki tekanan udara yang sama besarnya. Tekanan udara yang seimbang sangat penting bagi kelancaran proses penelitian. Jika tekanan udara tidak normal maka penelitian tidak bisa dilanjutkan. Resiko kegagalan akan sangat besar jika tekanan udara yang ada pada meja kerja tidak stabil.

  1. Tempat Penanaman Bakteri

Penelitian yang menggunakan mikro organisme harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Tempat dan alat yang digunakan juga tidak bisa sembarang. Para peneliti harus menggunakan alat yang sesuai standar penelitian. Apalagi jika melakukan penelitian dengan bakteri. Bakteri yang termasuk dalam mikro organisme harus berada di dalam BSC. Termasuk selama proses penanaman bakteri dari media yang lama menuju media baru.

  1. Menghindari Kontaminasi Benda Asing

Saat melakukan penelitian dengan mikro organisme ketelitian yang dibutuhkan sangat tinggi. Mikro organisme tidak boleh terkena kontaminasi benda asing. Jika objek yang dipindahkan mengalami kontaminasi maka objek tersebut bisa rusak. Tentu peneliti yang baik tidak ingin objek penelitiannya gagal. Untuk itulah Alat Laminar Air flow diciptakan, guna menjaga objek penelitian dari kontaminasi benda asing.

  1. Mematikan Mikroba Yang Ada Di Udara

Salah satu kelebihan BSC, alat ini dilengkapi dengan lampu UV. Lampu UV ini akan menghasilkan sinar ultra violet yang sangat berguna. Sinar ultra violet yang dihasilkan membantu membunuh kuman atau mikro organisme yang ada di udara. Kuman atau sejenis mikro bakteri akan sangat mengganggu jika terdapat pada media yang akan digunakan. Untuk itu BSC memastikan bahwa udara saat proses berlangsung bersih dan steril. Tidak ada mikroba yang mengganggu proses pemindahan bakteri. Jadi bisa dikatakan BSC menjadi seperti robot pelindung dari ancaman mikroba lain.

  1. Menyaring Udara

Fungsi terakhir dari BSC ini adalah menyaring udara. Udara sangat penting bagi makhluk hidup. Namun makhluk hidup akan mengalami gangguan jika menghirup udara yang kotor. Begitu juga selama proses penanaman bakteri. Udara yang bercampur partikel-partikel yang sangat kecil dapat membawa dampak yang buruk. Kontaminasi udara yang kotor dapat menyebabkan proses ini tidak maksimal. Bahkan di beberapa kasus, dapat menyebabkan kegagalan. Hal ini harus dihindarkan dengan menggunakan BSC. Alat ini sangat handal dalam menyaring udara, agar objek penelitian terhindar dari kontaminasi benda asing.


1 Komentar

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *