Home » Uncategorized » Fume Hood Atau Lemari Asam Alat Laboratorioum

Fume Hood Atau Lemari Asam Alat Laboratorioum

ALAT FUME HOOD LABORATORIUM

FUME HOODFume Hood – Sebelum membahas apa yang dimaksud dengan alat Fume Hood di laboratorium dan juga fungsinya. Sedikit akan kami bahas juga mengenai pengertian laboratorium serta apa yang menjadi tujuan penggunaan laboratorium. Menurut pandangan dalam skala sempit laboratorium dapat diartikan sebagai ruangan/kamar yang dibatasi oleh dinding yang di dalam ruangan tersebut. Terdapat alat-alat dan juga beraneka ragam bahan-bahan yang dapat digunakan dalam melakukan sebuah eksperimen. Dapat pula didefinisikan bahwa laboratorium adalah sebagai salah satu sarana pembelajaran, sebagai tempat bagi peserta didik untuk berlatih dan kontak dengan objek yang sedang dipelajari secara langsung, baik melalui pengamatan dan juga melakukan percobaan.

Peranan dan fungsi laboratorium tersebut terbagi menjadi 3 macam yakni:

  • Digunakan sebagai sumber belajar, yang berarti laboratorium digunakan guna memecahkan suatu masalah yang berkaitan erat dengan ranah kognitif/afektif, dan psikomotormaupun melakukan percobaan.
  • Digunakan sebagai metode pendidikan, yang meliputi metode pengamatan dan juga metode percobaan.
  • Digunakan sebagai sarana penelitian, yaitu tempat dilakukannya segala macam penelitian sehingga terbentuklah pribadi peserta didik dengan sikap yang ilmiah.

Secara lebih umumnya laboratorium dapat diartikan sebagai suatu tempat yang digunakan untuk percobaan dan juga penelitian. Pengertian ini dapat bermakna lebih luas, karena tidak melulu membatasi laboratorium sebagai suatu ruangan saja, yang berarti seperti kebun, lapangan/ruang terbukapun dapat disebut dengan laboratorium. Berbagai alat dalam laboratoratorium kimia juga banyak digunakan untuk kepentingan percobaan meupun riset, seperti alat Fume Hood.

Pengertian dari Fume Hood atau yang biasa juga disebut lemari asam adalah merupakan perlengkapan dasar dari sebuah laboratorium. Fume Hood digunakan sebagai alat untuk pekerjaan di laboratorium yang dapat menghasilkan uap yang apabila nanti terpapar diruangan terbuka. Maka akan dapat membahayakan keselamatan pemakainya. Uap yang dimaksud tersebut adalah uap-uap yang dihasilkan dari hasil reaksi-reaksi kimia yang seperti dengan menggunakan larutan asam pekat. Dengan adanya penggunaan lemari asam ini uap-uap ini dapat dikeluarkan dari ruangan laboratorium tersebut melalui sistem direct centrifugal fan dan juga pemipaan pada lemari asam tersebut.

Biasanya lemari asam ini dibuat dengan berbagai bahan seperti bahan-bahan kerja yang digunakan nantinya oleh pemesan. Ada beberapa bahan jenis pelapis yang tersedia dipasaran, seperti: High Pressure Laminate, Glassfibre Reinforce Concrete Panel, PVC Sheet, Stainless Steel  316 L maupun Teflon Sheet dan juga Phenolic Resin. Selain dari bahan pelapis dan serta ukuran lemari asam, biasanya juga warna dari fume Hood akan dibuat seperti permintaan pemakai.


Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *