Home » Uncategorized » Fungsi Fume Hood Di Laboratorium

Fungsi Fume Hood Di Laboratorium

Fungsi Penting Fume HoodFUNGSI FUME HOOD

Fungsi Fume Hood yang merupakan bagian dari furniture laboratorium yang mempunyai peranan penting dalam laboratorium dan menjadi hal yang selalu mendapat perhatian khusus. Laboratorium merupakan tempat yang banyak menyimpan alat-alat penting untuk penelitian. Alat-alat yang ada di laboratorium biasanya adalah fasilitas yang disediakan khusus bagi para peneliti. Kegiatan  penelitian membutuhkan konsentrasi dan akurasi yang tinggi. Untuk itu penting sekali mengetahui fungsi dari alat-alat yang ada di dalam laboratorium. Hal ini dilakukan agar tidak mengalami kesalahan dalam proses tindakan penelitian. Salah satu alat yang selalu ada di laboratorium adalah Fume Hood. Benda ini berupa alat yang berbentuk lemari dan berukuran cukup besar. Benda yang satu ini lebih dikenal dengan nama lemari asam. Diberi nama lemari asam karena memang cara kerjanya berhubungan dengan sifat keasaman. Sebelum menggunakan alat ini untuk penelitian, sebaiknya kamu paham benar dengan fungsi yang ditawarkan.

Berbeda dengan alat olahraga, alat praktikum di laboratorium tidak bisa diperlakukan sembarangan. Ketika anda akan menggunakan sebuah alat di laboratorium, anda harus mengetahui apa saja fungsi dari alat tersebut. Selain itu, penting juga untuk mengetahui cara pemakaiannya dan cara perawatannya. Hal ini dilakukan untuk memastikan proses penelitian berlangsung sesuai dengan prosedur yang seharusnya. Berikut ini disebutkan fungsi Fume Hood :

  1. Fungsi Fume Hood Sebagai Tempat Menyimpan Asam Kuat

Saat berada di dalam laboratorium kita harus lebih berhati-hati. Pasalnya di sini ada banyak sekali benda-benda yang sangat berbahaya. Benda-benda ini dapat menyebabkan iritasi bahkan terluka. Salah satu benda yang berbahaya adalah larutan asam kuat. Asam kuat jika mengenai kulit manusia, bisa menyebabkan iritasi yang parah. Untuk itu, dalam menyimpan asam kuat tidak boleh di tempat yang sembarangan. Jangankan larutan asamnya, uap dari larutan asam kuat juga bisa berbahaya. Bahkan jika sampai terkena mata, dapat menyebabkan kebutaan. Untuk itulah asam kuat harus diletak di lemari asam.

  1. Tempat Menyimpan Basa Kuat

Selain larutan asam kuat, laboratorium juga menyimpan larutan-larutan yang memiliki sifat basa kuat. Tidak berbeda dengan larutan asam kuat, basa kuat juga sangat berbahaya jika tidak disimpan dengan benar. Meskipun namanya lemari asam bukan lemari basa, nyatanya alat ini juga digunakan untuk menyimpan larutan basa kuat. Para peneliti menyimpan larutan basa kuat di dalam lemari asam untuk menjaga kadar pH basa kuat ini sendiri. Fungsi fume hood yang satu ini sangat penting dan termasuk sangat menguntungkan.

  1. Tempat Berlangsung Reaksi Kimia

Larutan asam basa yang memiliki konsentrasi tinggi tidak bisa dibuat menjadi suatu reaksi kimia di tempat yang sembarangan. Alasannya karena hal ini sangat rentan dengan kecelakaan. Tempat berlangsungnya reaksi kimia yang baik adalah Laminar Airflow. Lemari asam ini akan mampu menjadi tempat yang aman bagi suatu reaksi kimia yang berlansung.

  1. Mengurangi Resiko Ledakan

Lemari asam dirancang khusus untuk tahan terhadap ledakan yang terjadi. Ledakan dapat terjadi di sebuah laboratorium. Ledakan ini merupakan dampak dari sebuah proses pencampuran bahan kimia. Dengan menggunakan lemari asam ledakan yang terjadi tidak akan berdampak buruk. Alat ini mampu meminimalisir resiko ledakan. Meskipun alat ini tidak sanggup mencegah ledakan, setidaknya lemari asam mampu membendung kekuatan ledakan. Sehingga orang-orang yang ada di laboratorium tetap aman.

  1. Tempat Bahan Kimia Organik

Bahan kimia organik adalah bahan-bahan yang didapatkan dari makhluk hidup. Tidak mudah untuk merawat dan menjaga bahan kimia jenis ini. Hal ini karena bahan kimia organik mudah sekali untuk rusak. Demi menjaga kualitas bahan kimia organik di laboratorium, bahan-bahan kimia organik harus disimpan di dalam lemari asam. Penting sekali fungsi dari lemari asam untuk menjaga bahan-bahan kimia organik. Bahan kimia didapat dengan cara yang tidak mudah dan dengan harga yang mahal. Sayang sekali jika bahan-bahan kimia itu rusak, ketika akan digunakan untuk sebuah penelitian.


1 Komentar

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *