Home » Uncategorized » LAMINAR AIR FLOW ATAU KABINET LAMINAR FLOW

LAMINAR AIR FLOW ATAU KABINET LAMINAR FLOW

LAMINAR AIR FLOW ATAU KABINET LAMINAR FLOW

laminar air flowLaminar air flow – Di dalam sebuah laboratorium kimia tentunya kualitas dari udara di dalamnya harus benar-benar terjaga agar tetap steril pada saat digunakan sebagai tempat riset maupun percobaan-percobaan lainnya. Dengan demikian maka pekerjaan demi pekerjaan riset akan sangat menjadi aman tanpa adanya gangguan berupa adanya sirkulasi udara yang sangat buruk. Untuk itu di dalam laboratorium tersebut juga ditempatkan sebuah alat guna mengatur aliran udara didalam laboratorium supaya bersih dan sehat. Alat dalam laboratorium tersebut di kenal dengan nama Laminar Air Flow.

Laminar Air Flow atau dapat disebut juga dengan laminar flow cabinet adalah merupakan peralatan untuk rekayasa aliran udara. Bertujuannya untuk dapat mencegah kontaminasi terjadi pada sampel di laboratorium. Sampel laboratorium yang ada di kabinet laminar flow dapat berupa komponen semikonduktor. Maupun sampel biologi, dan material-material sensitif lainnya. Perlu diketahui bahwa Laminar air flow berbeda juga dengan biosafety cabinet dan juga lemari asam. Meski kelihatannya sama-sama mengatur suatu saluran udara.

Fungsi Laminar Flow Cabinet

Laminar air flow akan membuat sirkulasi udara yang ada di dalam chamber /kamar sampel merupakan udara yang sudah melewati suatu proses penyaringan/ filtrasi dengan menggunakan polyester dan HEPA Filter.  Jadi udara yang berada di area sampel tersebut akan bebas dari debu dan juga kontaminasi lainnya.

Proses kerja dari alat laboratorium kabinet laminar flow ditunjukkan dengan aliran udaranya dengan kecepatan yang yang telah ditentukan antara 0,35 m/s sampai dengan 0,5 m/s. Aliran udara ini terjadi karena ada udara yang dihisap oleh blower. Sebelum masuk ke dalam blower, udara akan terlebih dahulu disaring dengan filtrasi berbahan polyester. Blower kemudian akan menghembuskan udara ke area chamber/kamar atau lokasi dimana sampel ditempatkan. Antara blower dan chamber, udara kemudian ditapis dengan Hepa Filter agar bebas dari kontaminasi.

Terdapat dua jenis laminar air flow yang terdapat dipasaran saat ini yakni laminar flow cabinet Horizontal dan juga laminar flow cabinet Vertikal. Untuk penggunaannya dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan pada masing-masing laboratoium kimia yang ada.

 


Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *