Jual Lemari Asam Kayu - Wooden Fumehood, Lemari Asam Meja Keramik, Lemari Asam Meja Stainless Steel 304, Lemari Asam Meja Granite, Lemari Asam Meja Phenolic Resin, Lemari Asam Phenolic Resin – China, Lemari Asam Portable, Pedestal Eyewash Mounted Type, Eyewash Wall Mounted, Meja Timbang Standard, Meja Timbang Mini, Meja Kerja Lab Personal / Chief Lab Table, Eyewash, Lemari Pengering & Penyimpan Glassware, Alat Lab dan Bahan Kimia, Lemari Penyimpanan Alat Lab dan Instrument seperti mikroskop, stirrer, ph meterr, Eyewash Shower, Wall Bench Sink and Rack, Lemari Laboratorium Penyimpanan Bahan Kimia dengan Blower buang, Lemari Laboratorium Penyimpanan Bahan Kimia dan Alat Lab dan Glassware, Lemari Pengering dan Penyimpanan Glassware, Lemari Asam Besi Steel Fume Hood, Lemari Asam Stainless Steel, Lemari Asam Besi Digital, Lemari Asam Portable – Portable FumeHood, Fumehood Wet Scrubber, Laminar Air Flow, Laminar Airflow with Special Features and Stand Support, Island Bench Polos Meja Laboratorium Ruangan Tengah, Island Bench dengan Sink Meja Laboratorium Ruangan Tengah, Island Bench dengan Sink-Rack Meja Laboratorium Ruangan Tengah, Wall Bench Polos Meja Laboratorium Mepet Dinding,
Menu
Model
Beranda » Lab Safety » LAMINAR AIR FLOW ATAU KABINET LAMINAR FLOW

LAMINAR AIR FLOW ATAU KABINET LAMINAR FLOW

Dipublish pada 5 Desember 2017 | Dilihat sebanyak 863 kali | Kategori: Lab Safety

LAMINAR AIR FLOW ATAU KABINET LAMINAR FLOW

laminar air flow

Pengertian Laminar Air Flow

Laminar Air Flow adalah suatu alat dengan bentuk meja kerja yang mendukung kegiatan penanaman. Secara spesifik alat ini digunakan untuk proses persiapan bahan tanaman, atau penanaman serta pemindahan tanaman dalam proses tanam menanam. Prinsip Kerja Laminar Air Flow secara singkat adalah dengan cara meniupkan udara yang steril secara terus menerus dan juga konsisten. Sehingga dapat membuat tempat kerja menjadi terbebaskan dari kotoran, debu, dan juga jamur jamur selama proses penanaman.

Cara Penggunaan Laminar Air Flow

Untuk cara penggunaanya dengan menghubungkan steker yang ada dalam Laminar Air Flow menuju saklar listrik. Sebelum digunakan, nyalakan lampu UV 30 menit sebelumnya dengan menekan tombol lampu.

Siapkan alat pendukung dan sebelum dimasukkan, semprot terlebih dahulu alat-alat tersebut dengan spiritus atau alkohol kadar 70%. Semprot juga meja alat Laminar Air Flow dan bagian dindingnya supaya lebih steril.

Tekan tombol air flow untuk menyalakan blower dan tekan tombol light untuk lampu di dalam alat menjadi menyala. Masukkan alat yang sudah di steril dan saat selesai digunakan, keluarkan peralatan. Tekan tombol dari masing-masing lampu, UV dan air flow untuk mematikannya kembali. Cabut steker alat yang menempel pada saklar atau sumber listrik.

Untuk hal penting yang harus diperhatikan, saat mengeluarkan atau memasukan peralatan ada baiknya menggunakan sarung tangan dan pelindung mata supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Di dalam sebuah laboratorium kimia tentunya kualitas dari udara di dalamnya harus benar-benar terjaga agar tetap steril pada saat digunakan sebagai tempat riset maupun percobaan-percobaan lainnya. Dengan demikian maka pekerjaan demi pekerjaan riset akan sangat menjadi aman tanpa adanya gangguan berupa adanya sirkulasi udara yang sangat buruk. Untuk itu di dalam laboratorium tersebut juga ditempatkan sebuah alat guna mengatur aliran udara didalam laboratorium supaya bersih dan sehat. Alat dalam laboratorium tersebut di kenal dengan nama Laminar Air Flow.

Laminar Air Flow atau dapat disebut juga dengan laminar flow cabinet adalah merupakan peralatan untuk rekayasa aliran udara. Bertujuannya untuk dapat mencegah kontaminasi terjadi pada sampel di laboratorium. Sampel laboratorium yang ada di kabinet laminar flow dapat berupa komponen semikonduktor. Maupun sampel biologi, dan material-material sensitif lainnya. Perlu diketahui bahwa Laminar air flow berbeda juga dengan biosafety cabinet dan juga lemari asam. Meski kelihatannya sama-sama mengatur suatu saluran udara.

Fungsi Laminar Air Flow Cabinet

Laminar air flow akan membuat sirkulasi udara yang ada di dalam chamber /kamar sampel merupakan udara yang sudah melewati suatu proses penyaringan/ filtrasi dengan menggunakan polyester dan HEPA Filter.  Jadi udara yang berada di area sampel tersebut akan bebas dari debu dan juga kontaminasi lainnya.

Proses kerja dari alat laboratorium kabinet laminar flow ditunjukkan dengan aliran udaranya dengan kecepatan yang yang telah ditentukan antara 0,35 m/s sampai dengan 0,5 m/s. Aliran udara ini terjadi karena ada udara yang dihisap oleh blower. Sebelum masuk ke dalam blower, udara akan terlebih dahulu disaring dengan filtrasi berbahan polyester. Blower kemudian akan menghembuskan udara ke area chamber/kamar atau lokasi dimana sampel ditempatkan. Antara blower dan chamber, udara kemudian ditapis dengan Hepa Filter agar bebas dari kontaminasi.

Terdapat dua jenis laminar air flow yang terdapat dipasaran saat ini yakni laminar flow cabinet Horizontal dan juga laminar flow cabinet Vertikal. Untuk penggunaannya dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan pada masing-masing laboratoium kimia yang ada.

Produk Pilihan:

 

Bagikan informasi tentang LAMINAR AIR FLOW ATAU KABINET LAMINAR FLOW kepada teman atau kerabat Anda.

Artikel Menarik Lainnya
Lemari asam besi - Digital

Lemari Asam Besi Digital Standart Lab Lemari Asam

Dipublish pada 30 Juni 2016 | Dilihat sebanyak 319 kali | Kategori: Steel Furniture

Spesifikasi Teknis Lemari Asam Besi – DIGITAL Structure Cabinet Cabinet body panels/Doors and draws panel materials : Steel Cold Rolled Steel JIS G3141 SPCC-SD hickness 0.8 — 1,2 mm Structure with suspended system All the steel parts by pickling, posphated... selengkapnya

Bottle Trap PP / Botol Penangkap Kotoran

Bottle Trap PP / Botol Penangkap Kotoran

Dipublish pada 30 Juni 2016 | Dilihat sebanyak 268 kali | Kategori: Accesories

Bottle Trap PP Spesifikasi : Lab PP sink bottle trap/downcomer black Diameter : 40 mm Tinggi : 225 mm Flexible hose PP / Selang flexible untuk sink Lab PP sink expansion pipe/hose Black Diameter pipe : 30 mm Panjang ukuran... selengkapnya

Desktop Laminar Air Flow – Steel

Dipublish pada 30 Juni 2016 | Dilihat sebanyak 325 kali | Kategori: Steel Furniture

Spesifikasi Teknis Laminar Air flow Structure Cabinet Cabinet body panels/Doors and draws panel materials : Steel Cold Rolled Steel JIS G3141 SPCC-SD Thickness 0.8 — 1,2 mm Structure with suspended system All the steel parts by pickling, posphated treatment surface... selengkapnya

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
Call
WhatsApp